Nov 23, 2010

Aplikasi Keren untuk Smartphone GPS (2)

Smartphone GPS
Dalam artikel “Aplikasi Keren untuk Smartphone GPS (1)” yang lalu telah di bahas 4 aplikasi gratis yang dapat Anda gunakan untuk memperluas kemampuan smartphone Anda. Berikut ini adalah 2 dari 6 aplikasi gratis lanjutan.

1. Google Earth
Meskipun aplikasi Google Maps telah banyak tersedia pada perangkat smartphone kebanyakan, namun aplikasi Google Earth menyediakan pandangan lebih kaya di sekitar Anda. Anda dapat melihat gambar lokasi yang ditinggalkan oleh orang yang pernah berada di lokasi tersebut sebelumnya dan juga membaca entri Wikipedia tentang situs sejarah. Anda dapat menggunakan Google Earth untuk menjadi pemandu wisata Anda sendiri atau untuk rencana liburan Anda berikutnya. Aplikasi Google Earth yang memanfaatkan teknologi smartphone GPS ini, saat ini hanya terdapat pada smartphone GPS berbasis Android dan iPhone.

2. SitorSquat
Aplikasi memerlukan smartphone GPS berbasis Android, Blackberry dan iPhone.
Jika Anda sering memanfaatkan toilet umum, SitorSquat dapat membantu Anda memilih fasilitas toilet umum yang memiliki bersih. Aplikasi ini akan menemukan toilet umum di sekitar Anda dan menunjukkan peringkat kebersihan yang ditinggalkan oleh pengguna toilet lainnya.

Beberapa aplikasi di atas hanya contoh dari sekian banyak program smartphone GPS yang tersedia untuk smartphone. Semakin banyak layanan yang diciptakan dengan memanfaatkan informasi lokasi dari smartphone GPS.

BBM
Anda dapat berbagi informasi mengenai aplikasi di atas kepada teman – teman atau rekan – rekan Anda yang lain. Jika Anda dan teman Anda sama – sama menggunakan BlackBerry sebagai salah satu alat komunikasi, Anda dapat menggunakan BlackBerry Messenger (BBM). BlackBerry Messenger (BBM) adalah aplikasi untuk melakukan pengiriman pesan dengan cepat dan mudah untuk berkomunikasi sesama pengguna BlackBerry dengan memanfaatkan kode PIN. Aplikasi ini juga tersedia secara gratis dan tidak sama seperti e-mail, Anda dapat melakukan beberapa percakapan sekaligus dengan sesama pengguna BlackBerry pada waktu yang bersamaan. Anda juga bisa chatting secara berkelompok, mengetahui siapa – siapa saja yang sedang online, mengirim file dan melacak status pesan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menginformasikan aplikasi di atas dengan menggunakan fasilitas push email yang terdapat pada smart phone BlackBerry Anda. BlackBerry adalah Personal Digital Assistant (PDA) pertama yang menawarkan aplikasi push email dan akhirnya sukses dengan aplikasi yang menjadi salah satu ciri khas dari BlackBerry. Saat ini, banyak perusahaan yang telah memasukkan push email dalam perangkat mereka dan popularitasnya terus berkembang. Beberapa produk yang telah memasukkan push email misalnya Chatteremail untuk Treo, Nokia Intellisync Wireless Email, RoadSync, dan ponsel Sony Ericsson. Dengan push email, secara otomatis smart phone Anda akan memberitahu Anda dengan nada peringatan ketika ada email baru yang masuk.

No comments:

Post a Comment