Apr 2, 2010

Blackberry Essex dan Bold

Hari kini telah muncul lagi berbagai macam varian dari BlackBerry terbaru. Setelah kemarin spesifikasi BlackBerry 9700 saja yang belum di resmikan akan diluncurkannya kapan terungkap, Research In Motion (RIM) kali ini sudah memperkenalkan lagi serial BlackBerry Essex.


Dilihat dari fisiknya itu, varian dari Blackberry terbaru satu ini yang menyerupai dengan BlackBerry Tour atau bisa di sebut dengan BlackBerry Niagara alias BlackBerry 9630. Hanya saja, spesifikasi Blackberry itu lebih canggih di banding varian sebelumnya. Di karenakan oleh Blackberry Essex telah memiliki dilengkapi teknologi Wi-fi.Blackberry Bold 9000Seperti perangkat BlackBerry lainnya, hal pertama yang akan diperhatikan adalah keyboard dan navigasi. Untuk Essex, RIM tidak lagi memilih gaya keyboard yang serupa dengan Blackberry Bold 9000, melainkan gaya keyboard chicklet milik Blackberry Curve.

Sementara navigasi-nya, Essex hadir dengan trackpad baru, yang memberikan alternatif pilihan lebih banyak kepada para pengguna yang menyukai dari trackpad ketimbang system trackball.

BlackBerry Essex, akan menjadi salah satu perangkat berpredikat World Phone, mengingat kapabilitasnya yang mampu bekerja tak hanya di jaringan CDMA, tetapi juga GSM/GPRS/EDGE/UMTS. Sehingga, di Amerika Utara, beredar kuat rumor yang mengatakan perangkat ini akan segera diadopsi oleh Sprint.

Untuk harga mobile phone tersebut, tidak ada estimasi hingga saat ini. Tapi, kemungkinan besar, Essex akan dibanderol lebih mahal daripada Tour (sekitar Rp 7 juta) maupun Bold (sekitar Rp 6,3 juta).

Yang juga sangat disayangkan adalah, hingga sampai saat ini, belum ada keterangan resmi lebih lanjut dari pihak RIM itu sendiri, terutama yang terkait dengan distribusi dan jadwal peluncurannya di Asia Pasifik. Akan tetapi belum bisa dipastikan pula apakah itu Essex menjadi salah satu seri dari Blackberry RIM yang masuk daftar pilihan oleh mitra RIM di Indonesia atau bukan.

Tiga mitra resmi pemasok RIM di tanah air kita ini, yakni XL, Indosat, Telkomsel, dipastikan tidak akan memasok BlackBerry Tour di Indonesia. Namun anda dapat melihat kilasan mengenai Blackberry serial lainnya dalam Blackberry Indonesia.

No comments:

Post a Comment