Aug 3, 2011

Manakah BlackBerry yang Anda Suka – BlackBerry Curve 8520 ataukah BlackBerry Javelin 8900 ?


BlackBerry Curve 8520 Gemini dan BlackBerry Javelin 8900 adalah smartphone yang paling banyak diminati oleh pengguna BlackBerry di Indonesia. Karena harganya yang yang masih dibanderol kisaran 2jt- 3jt rupiah, dan tidak semahal tipe BlackBerry Bold yang harganya berkisar di harga 3-4jtan rupiah. Ada sebuah kiasan “ada harga ada barang”, Memang BlackBerry Bold memiliki spesifikasi dan fitur jauh di atas kedua smartphone ini. Namun di artikel ini saya akan membahas BlackBerry low-mid yang beredar di pasar smartphone di Indonesia.

Di Indonesia kedua BlackBerry ini juga telah disediakan beberapa provider Indonesia seperti Smart Telecom BlackBerry, Telkomsel BlackBerry, dan XL BlackBerry. Smart Telecom adalah provider yang baru-baru muncul belakangan ini, Namun diakui memiliki layanan yang tak kalah dari para pendahulunya.

Dilihat dari spesifikasinya BlackBerry Javelin 8900 memang sedikit lebih unggul dari spesifikasi BlackBerry Curve 8520. Namun itu juga ada sisi positif dan sisi negatifnya. Pada navigasi BlackBerry Curve 8520 Gemini menggunakan optical trackpad sedangkan pada BlackBerry Javelin 8900 menggunakan Trackball untuk navigasinya. Menurut para pengguna BlackBerry, navigasi yang menggunakan Trackball lebih mudah rusak daripada navigasi yang menggunakan Trackpad. Kemudian display pada BlackBerry Javelin lebih besar dan memiliki resolusi layar yang lebih tinggi. Dan pada kamera yang ada di Javelin juga jauh lebih besar yaitu 3.2 mega pixel dengan flash.

Untuk perbandingan harga, harga BlackBerry Curve 8520 di pasaran di patok antara harga 1.5jt - 2 juta rupiah. Sedangkan untuk harga BlackBerry Javelin 8900 berkisar di antara 1.8jt- 2.5 juta rupiah.

Pada sistem operasi yang digunakan kedua handphone ini juga sama yaitu masih menggunakan BlackBerry OS lama. Dan mengingat hanya seri BlackBerry 9000 keatas saja yang dapat meng-upgrade menjadi BlackBerry OS 6. Kedua jenis smartphone BlackBerry ini menggunakan prossesor 512 Mhz dan koneksi datanya juga sama-sama menggunakan jaringan Quad-band GSM 850/900/1800/1900 Mhz.

BlackBerry Javelin 8900 memiliki body yang lebih kuat karena telah menggunakan metal dan juga kamera yang lebih bagus. BlackBerry Curve 8520 dari segi harga juga lebih murah, dan menggunakan navigasi trackpad sehingga tidak mudah rusak. Untuk koneksi datanya BlackBerry Gemini pun tak kalah jauh dibanding BlackBerry Javelin 8900.

Jadi BlackBerry mana yang akan anda pilih?

No comments:

Post a Comment