Aug 17, 2011

Informasi Retail Resmi BlackBerry di Indonesia


Research in Motion menerapkan model bisnis baru dengan menjual BlackBerry melalui retail-retail resmi. Indonesia menjadi negara pertama di Asia yang memiliki distributor resmi BlackBerry. Bertempat di Grand Hyat Jakarta, Research In Motion (RIM) mengumumkan kerjasamanya dengan Brightpoint, selaku distributor resmi BlackBerry secara global. Model bisnis baru Research in Motion (RIM) yang menjajakan handset BlackBerry secara retail dianggap sebagai langkah taktis perusahaan asal Kanada itu untuk memerangi BlackBerry asal pasar gelap (black market/BM) yang wara-wiri di Indonesia.

“Indonesia adalah pasar pertama di kawasan Asia yang memiliki layanan distributor dari Brightpoint. Ini karena Indonesia merupakan pasar yang cukup penting bagi kami,” ujar Hastings Singh, Director Distributor RIM Asia-Pacific. Dengan adanya kerjasama ini, konsumen tak hanya bisa mendapatkan BlackBerry lewat operator, namun bisa langsung melalui retail-retail lokal, yang telah bekerjasama dengan Brightpoint. Di Indonesia, Brightpoint telah menunjuk Tela Tama (Tele Tama Artha Mandiri) sebagai satu-satunya distributor lokal. “Kami percaya kerjasama dengan Tele Tama akan semakin memperluas pasar BlackBerry di Indonesia,” tandas Paul Ringrose, Chief Financial Officer Brightpoint Asia Pacific.

Di Indonesia terdapat 80 retailer BlackBerry seperti Telkomsel BlackBerry dan maupun operator yang menjadi lawan saing dari Telkomsel tersebut, yakni XL BlackBerry yang tersebar di 7 kota besar. Model bisnis via retail ini menjadi solusi bagi konsumen yang ‘malas’ berurusan dengan operator. “Bakal ada 80 retail resmi yang akan tersebar di tujuh kota besar di Indonesia, antara lain: Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Medan, Palembang dan Makasar,” papar Hastings Singh, Director Distributor RIM Asia-Pacific di Grand Hyat Jakarta.

Paul mengungkapkan bahwa pihaknya masih membuka peluang kerjasama dengan distributor-distributor lain di Indonesia, misalnya saja Smart Telecom yang sudah memulai menjalankan kerjasama dengan RIM BlackBerry ini, dan mulai menuai hasil dengan Smart Telecom BlackBerry yang disediakannya. Namun dalam kesempatan ini, Tele Tama menjadi distributor lokal pertama di Indonesia. “Dengan adanya Brightpoint selaku distributor, kami berharap banyak konsumen Indonesia yang tak lagi membeli BlackBerry black market,” tandas Hastings Singh, Director Distributor RIM Asia-Pacific.

Sekian sekilas berita dari direktur distributor RIM di Asia, untuk mendapatkan informasi dan penjelasan resmi tentang retail BlackBerry yang ada di Indonesia, kita bisa mengunjungi situs resmi RIM BlackBerry Indonesia, dan disana terdapat daftar lengkap retail resmi BlackBerry di Indonesia.

No comments:

Post a Comment