Aug 24, 2011

Check Vendor BlackBerry Anda


Anda baru saja membeli sebuah ponsel BlackBerry di salah satu vendor resmi di Indonesia? Apakah anda yakin bahwa ponsel BlackBerry anda benar benar keluaran dari vendor resmi tersebut? Berikut ada beberapa tips yang bermanfaat untuk mengecheck apakah ponsel BlackBerry anda benar benar keluaran resmi vendor tersebut ataukah keluaran vendor ternama lainnya? Tanpa panjang lebar lagi, yuk mari kita simak artikel berikut.

Sebelumnya kita bisa mengecek sendiri nomer ID dari vendor yang mengeluarkan ponsel BlackBerry kita, yaitu dengan cara menekan tombol “Alt + Shift + H” secara bersamaan, maka secara otomatis, ponsel BlackBerry anda akan memunculkan sebuah layar baru yang di dalamnya berisi informasi informasi penting, misalnya saja BB PIN, IMEI, dll nya.

Berikut adalah beberapa daftar vendor resmi yang ada di Indonesia, misalnya Telkomsel BlackBerry yang menjadi vendor BlackBerry pertama di Indonesia, atau XL BlackBerry yang terus bersaing dan mengejar ketinggalannya. Saya tidak mencantumkan semuanya, dikarenakan banyak sekali vendor luar yang juga menjadi rekan penjualan resmi dari RIM BlackBerry tersebut. Dan untuk regional Indonesia, nomor ID vendornya adalah:

Telkomsel 186
Indosat 240
XL 304
SMART 127
Starhub 128
Verizon 105
3 - 258

Untuk vendor 3 Indonesia masih memasok BlackBerry dari 3 Australia. Sedangkan untuk Smart Telecom, ponsel dari Smart Telecom BlackBerry memiliki nomor ID yang sama dengan SMART dari Australia.

Dan apabila BlackBerry yang anda beli di vendor resmi anda ternyata hasil nomor ID nya berbeda, anda bisa mengecek langsung ke situs resmi BlackBerry yakni “www.id.blackberry.com”, atau di dalam forum “www.blackberryindonesia.com”. Disana terdapat daftar lengkap nomor ID dari vendor BlackBerry resmi di seluruh dunia. Lalu apabila nomor ID vendor anda yang terpampang di ponsel BlackBerry anda ternyata masih tidak dapat ditemukan di daftar tersebut, berarti bisa dipastikan bahwa BlackBerry yang anda pakai sekarang adalah BlackBerry yang tidak resmi. Tetapi jangan khawatir, ini bukan berarti RIM akan mengambil semua produk BlackBerry nya yang tidak resmi, anda masih dapat menggunakan BlackBerry anda dengan normal, baik menggunakan layanan BBM, atau BIS dan sebagainya, akan tetapi apabila anda mengalami kerusakan, makan BlackBerry anda tidak akan mendapatkan layanan garansi secara penuh.

No comments:

Post a Comment