Mar 4, 2010

Dunia hanya selebar layar BlackBerry

Manusia adalah makhluk yang selalu membutuhkan adanya komunikasi dan interaksi, kebutuhan dan kreativitas manusia yang kompleks menghasilkan sebuah perangkat komunikasi yang terus berkembang dari masa ke masa. Jika untuk berkomunikasi dulu manusia menggunakan genderang dan asap, setelah munculnya kertas orang jadi bisa berkomunikasi lewat surat. Hingga kini pada perkembangannya kertas dan surat kabar terus dipakai dan industri media juga terus berkembang.


Adalah Research In Motion (RIM), sebuah perusahaan telekomunikasi dari Kanada, Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1998 ini membuat sebuah sejarah baru di dunia teknologi seluler dengan menciptakan peranti BlackBerry yang terkenal dengan layanan push mail-nya. Yaitu, sebuah layanan untuk memudahkan seseorang menerima e-mail layaknya SMS, sehingga orang tidak harus melakukan kegiatan ritual memeriksa e-mail, karena peranti ini akan "berteriak" memberikan notifikasi jika ada e-mail yang masuk. Pada perkembangannya, peranti BlackBerry tidak hanya dapat memberikan fasilitas push mail saja. Berkat adanya konvergensi digital, BlackBerry berubah menjadi sebuah smartphone (telepon pintar) yang memiliki berbagai macam fungsi dan fitur. Selain berfungsi sebagai telepon, SMS dan MMS, BlackBerry juga dapat digunakan sebagai kamera/video digital, pemutar musik dan video, global positioning system (GPS), Internet Mobile, e-book, modem dan juga dapat mengakses Wi-Fi (wireless fidelity).
smartphone
Kini pengguna smartphone tersebut tersebar di semua segmen. Terlebih ketika peranti ini semakin hari semakin memiliki bentuk yang stylish, warna yang keren serta dijejalkannya berbagai macam fungsi tadi dan juga penambahan software aplikasi dari pihak ketiga. Begitu juga saat dipakai untuk mengakses Internet melalui aplikasi browser yang sudah terpasang di dalamnya. Selain aplikasi browser, BlackBerry telah menyertakan aplikasi instant messaging (IM) yang siap diinstal, seperti Yahoo Messenger, Google Talk dan BlackBerry Messenger. Yang terakhir merupakan aplikasi khusus untuk para pengguna BlackBerry, sehingga semua pengguna BlackBerry di manapun berada dapat berinteraksi melalui fasilitas BlackBerry Messenger.
BlackBerry memiliki nomor identifikasi yang disebut PIN (personal identification number). Nomor inilah yang menjadikan setiap peranti ini menjadi unik. Nomor PIN ini juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna BlackBerry lain di seluruh dunia melalui BlackBerry Messenger (BBM), yang memiliki kemampuan selain mengirimkan teks, juga dapat mengirimkan file gambar dan juga suara.


Saat ini RIM sudah mengeluarkan sistem operasi terbaru untuk beberapa seri tertentu yang beredar saat ini. Peningkatan versi dari sistem operasi ini menawarkan perbaikan dan penambahan fitur baru. Dengan memiliki peranti BlackBerry, tidak perlu lagi membawa laptop jika yang kita perlukan hanya sekadar untuk membuat laporan dalam bentuk word, spreadsheet atau draft presentasi. Semua bisa dilakukan dengan peranti ’ smart phone ‘ ini. Yang jelas, dengan BlackBerry informasi apapun yang kita inginkan dapat langsung diakses dengan segera. Berkomunikasi dengan teman, saudara atau rekan bisnis di manapun bisa dilakukan, sehingga dunia begitu terasa kecil selebar layar BlackBerry.

No comments:

Post a Comment