Sep 7, 2011

Pesaing Baru BBM (BlackBerry Messenger)


BlackBerry Messenger akan mendapat saingan baru dari Apple, yaitu iMessenger. Fitur iMessage dari Apple ini selalu dikait-kaitkan dengan BlackBerry Messenger (BBM). Banyak pengamat smartphone mengira bahwa iMessage bakal menjadi pesaing terkuat untuk membendung laju BBM.

Ya, tak bisa dipungkiri, besarnya nama BlackBerry salah satunya turut dipengaruhi keberhasilan BBM itu sendiri. Aplikasi ini sekilas sama seperti layanan chatting lainnya, hanya saja BBM menawarkan 'eksklusifitas' tersendiri. Dan Presiden Obama sendiri berkata bahwa BlackBerry Messenger ini memiliki sistem kerahasian nomor satu di dunia.

Aplikasi BlackBerry Messenger berbeda dengan Yahoo Messenger, GTalk, MSN Messenger, dan aplikasi instant messenger lainnya. BBM hanya bisa dijalankan oleh handphone BlackBerry, dan setiap identitas BBM ditentukan oleh PIN yang tertanam di setiap perangkat BlackBerry. jika Anda ingin menggunakan atau menghubungi akun BBM seorang, maka anda sebelumnya harus atau dipaksa untuk membeli smartphone BlackBerry terlebih dahulu.

Strategi RIM ini nyatanya terbukti manjur hingga membuat BBM bak sebuah fenomena dan PIN menjadi semacam identitas baru bagi setiap pengguna layanan telekomunikasi, tak terkecuali di Indonesia. Dan karena ingin merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam fitur BBM itu sendiri, turut mengangkat pamor penjualan BlackBerry di pasaran.

Menurut RIM sendiri, selama 12 tahun merambah di pasar smartphone dunia. RIM telah berhasil menjual 150 juta unit smartphone BlackBerry. Di indonesia sendiri, pasar BlackBerry juga mencakup pasaran yang cukup besar. Beberapa tahun teakhir ini, banyak provider yang banyak berkerja sama dengan BlackBerry, seperti Telkomsel BlackBerry, XL BlackBerry, Smart Telecom BlackBerry. Smart Telecom sendiri adalah provider yang baru bergabung dengan BlackBerry dalam penyediaan perangkat BlackBerry.

Sudah sedemikian kuatnya BBM. Layanan ini pun kadang membuat pengguna ketergantungan hingga membentuk suatu komunitas tersendiri yang sayang untuk ditinggalkan.

Namun kini banyak pihak yang menyebut bahwa kehadiran iMessage akan menggoyang eksistensi BBM. Layanan baru Apple ini pun digadang-gadang dapat membentuk suatu komunitas yang solid di antara pengguna Apple.

Terlebih, sedikit terbuka dengan BBM yang terkoneksi berdasarkan perangkat BlackBerry, iMessage terintegerasi dengan acuan sistem operasi yakni iOS. Artinya, beberapa perangkat besutan Apple seperti iPhone, iPad dan iPod Touch yang dibenamkan iOS dapat menjalankan iMessage.

Sehingga peluang Apple untuk membangun basis komunitas yang sangat besar terbuka lebar.

Dilihat dari sisi kemampuan kedua aplikasi ini, BBM dan iMessage sama-sama kuat. Di iMessage, pengguna bisa mengirim pesan, foto, video, bertukar kontak, melalui perangkat iOS apapun. Aplikasi ini mendukung pula grup chat, serta terintegerasi dengan fitur notifikasi yang hadir pada iOS 5.

No comments:

Post a Comment