Jun 13, 2011

OS Terbaru BlackBerry OS 6.1


Dari berita yang saya dengar, evolusi BlackBerry OS 6 yang paling terbaru atau disebut juga disebut BlackBerry OS 6.1 ini juga akan mendukung Wifi tethering yang biasanya disebut juga Wifi hotspot. Dimana smartphone BlackBerry dengan sistem ini dapat membagikan koneksi internet dengan smartphone/ perangkat lain dengan menggunakan Wifi. Dan disebutkan bahwa BlackBerry OS 6.1 ini adalah sistem pertama BlackBerry yang mempunyai kemampuan Wifi tethering dengan 5 perangkat. Selain Wifi Hotspot atau Wifi tethering ini, Blackberry OS 6.1 juga dikatakan mendukung NFC (Near Field Communication) Selain itu, RIM menambahkan fitur Near Field Communication (NFC) yang sudah diadopsi oleh Samsung Nexus S berbasis Android 2.3 Gingerbread. NFC adalah teknologi komunikasi nirkabel jarak pendek yang memungkinkan pertukaran data antarperangkat. Fitur NFC juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi keuangan, misalnya membeli tiket atau membayar belanjaan dengan cara mendekatkan ponsel ke sebuah alat pembaca data. Singkatnya, cara kerjanya seperti kartu Flazz. Dan juga USB Tethering untuk berbagi koneksi internet ke komputer melalui kabel.

Di bawah ini adalah daftar singkat tentang evolusi BlackBerry OS 6 ( BlackBerry OS 6.1)
HD video recording and Management/Playback
Rich Media support via HTML5
Voice enabled Universal Search
OpenGL H/W acceleration for gaming
WiFi Mobile Hotspot – allows to connect up to 5 devices
Better web browsing experience with embedded media support
Managing homescreen panes
Enhanced virtual keyboard

Software terbaru BlackBerry OS 6.1 akan diluncurkan oleh RIM bersamaan dengan tiga devices ter-anyar BlackBerry atau sering juga disebut Torch phone, yaitu BlackBerry Torch 2 (juga tersedia dalam BlackBerry Torch white bagi Anda penggemar warna putih) ,BlackBerry Apollo, dan juga BlackBerry Dakota. Untuk ketiga harga BlackBerry ini masih dirahasiakan, dan tak ada bocoran berita yang menyebutkan tentang harga BlackBerry ini. Platform BlackBerry versi terbaru ini sekarang mendukung Magnetometer dan Digital compass API, OpenGL-ES 2.0, event-base geo-fencing location APIs. Ini akan memudahkan para developer untuk dapat membuat aplikasi konten dan game.

Fitur lain yang tersedia antara lain Window API, API untuk geo-fancing lokasi berbasis event, dan pengembangan baru untuk API barcode dengan tambahan dukungan format dan custom decoding. BlackBerry OS 6.1 developer tool ini akan tersedia segera dengan sistem operasinya akan muncul sekitar dua caturwulan berikutnya.

Berikutnya, saya menyarankan bagi pengguna BlackBerry untuk menggunakan BlackBerry media manager untuk mentransfer file antara komputer dan perangkat BlackBerry Anda dalam format yang dioptimalkan. Anda dapat mentransfer file antara komputer dan memori perangkat Anda, atau jika kartu media yang didukung disisipkan ke dalam perangkat Anda, Anda dapat mentransfer file antara komputer dan kartu media Anda. Anda juga dapat menggunakan alat media manager untuk menambah, menghapus, mengganti nama atau membuka file dan folder media pada perangkat Anda.

No comments:

Post a Comment