May 16, 2011

Apa saja yang Berbeda dari Sistem Operasi BlackBerry OS 6


Sistem operasi BlackBerry OS 6 ini muncul di pertama kali saat peluncuran BlackBerry Torch 9800. Harga BlackBerry Torch 9800 saat itu yang ditawarkan juga cukup tinggi mencapai 8jutaan rupiah,dan untuk limited edition BlackBerry Torch white dijual 1 juta lebih mahal. Karena harga BlackBerry yang cukup tinggi, bagi pengguna BlackBerry yang ingin mencoba sistem operasi baru ini pun harus gigit jari. Namun sekarang, sistem operasi BlackBerry OS 6 ini juga muncul di jenis-jenis BlackBerrry lainnya seperti BlackBerry Bold 9700 & 9780, BlackBerry Curve 9300.

Dibandingkan dengan BlackBerry OS 5, BlackBerry OS 6 ini tampil jauh lebih baik. Selain terdapat perubahan besar pada tampilan dan user interface-nya, software terbaru Blackberry keluaran RIM ini juga mampu membawa Blackberry ke level yang lebih tinggi. Kini, browser-nya lebih mampu menampilkan halaman web yang lebih kompleks dan dengan multiple tabs. Meski demikian kemampuan BlackBerry Torch phone ini membutuhkan memori yang banyak dan prosessor yang lebih cepat. BlackBerry Media Manager pada OS 6 ini untuk fitur multimedia juga tampil lebih apik dan lebih cepat.

Salah satu perubahan yang terjadi di Blackberry OS 6 terbaru ini adalah tersedianya fitur ‘open tray’. Fasilitas untuk menampilkan menu secara keseluruhan.

Fasilitas tambahan, Pop up menu ini menjadikan BBM-an jauh lebih nyaman. Sangat membantu. Pop up menu ini juga misalnya bisa kita temukan di aplikasi UberTwitter Blackberry. Fitur tambahan yang sangat efektif dan sangat memudahkan. Salah satu fitur tambahan di Blackberry OS 6 adalah ‘Universal Search’. Dengan fitur ini mencari aplikasi, email, sms atau file apapun di Blackberry jadi lebih mudah. Fitur universal search juga bisa digunakan untuk terhubung dengan search engine seperti Google, Yahoo, dan Bing untuk membantu kita melakukan pencarian. Masukkan kata kunci yang kita cari, secara otomatis Blackberry akan membuka browser. Di Blackberry OS 6, browser-nya sudah multi-tabs. Kini anda bisa membuka lebih dari satu jendela browser secara bersamaan. Membuka halaman web menjadi lebih mudah, menyenangkan dan menghemat waktu. Selain multi-tabs, browser Blackberry OS 6 lebih smooth tampilannya, scroll-nya lebih halus dan lebih bisa mengakomodir tampilan halaman web yang lebih kompleks.

Namun BlackBerry OS 6 juga mempunyai kelemahannya. Bila browsernya digunakan untuk membuka halaman web lebih dari 3 tab kelihatannya memori di Blackberry yang saya gunakan tidak bisa mengimbanginya, muncul eror dan halaman web akan tertutup otomatis. BlackBerry OS 6 akan berjalan dengan baik di Blackberry Bold 9780, BlackBerry Torch 9800 yang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi namun akan sedikit berat bila digunakan di Blackberry 9700.

No comments:

Post a Comment