Jan 18, 2012

BlackBerry dan Sejarahnya

BlackBerry adalah perangkat genggam nirkabel yang memiliki kemampuan layanan push-mail, telepon selular, sms, Internet, browser, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. BlackBery kini telah banyak berintegrasi dengan merek-merk HP, salah satunya adalah Nokia.

BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Didirikan oleh seorang imigran Yunani di kota Waterloo, Kanada. Keunggulan blackbery adalah mempunyai penampilan yang sangat bersabahat dan bisa selalu terhubung, jadi dimanapun anda, anda bisa selalu mengakses email, Facebook, twitter, msn, kaskus,
Blogging,dll. Sejak peluncurannya pada tahun 1999, BlackBerry telah meraup lebih dari 9 juta pelanggan di seluruh dunia.

Pendiri Research in Motion, Mike Lazaridis dilahirkan di Turki, membangun sebuah pemutar rekaman dsi Lego pada umur 4 (empat) tahun, sebuah radio pada umur 5 (lima) tahun, dan berkuliah di Universitas Waterloo. Dia memilih drop out setelah memenangkan kontrak senilai 560 ribu US Dollar.

Awalnya, BlackBerry ingin dinamakan Pocket Link sebuah nama yang fungsional tapi membosankan, kemudian juga Hampir dinamakan Strawberry, karena mirip dengan buah strawberry, tapi terkesan terlalu jinak. Sehingga dinamakan BlackBerry, nama yang menjual di pasaran dan akhirnya terkenal hingga sekarang bisa anda temui di toko handphone online

BlackBerry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama BlackBerry. Di Indonesia, Starhub menjadi bagian dari layanan dalam segala hal teknis mengenai instalasi BlackBerry melalui operator Indosat. Indosat BlackBerry menyediakan layanan BlackBerry Internet Service dan BlackBerry Enterprise Server.

Pasar operator BlackBerry lalu diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelkom dan Telkomsel BlackBerry. Excelkom menyediakan dua pilihan layanan yaitu BlackBerry Internet Service dan BlackBerry Enterprise Server+ (BES+). Hingga akhirnya muncul berbagai macam operator untuk BlackBerry yang lain seperti smart telecom, xl, three, dll

BES+ adalah layanan gabungan dari BES dan BIS, ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim email kantor yang berbasis Microsoft Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan 10 akun e-mail berbasis POP3/IMAP melalui telepon genggam. Sementara, operator Telkomsel hanya menyediakan BlackBerry sebagai bagian dari layanan korporasi dengan BlackBerry Enterprise Server.

Pada awalnya, layanan BlackBerry hanya bisa diakses melalui smartphone BlackBerry saja. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, ketiga operator ini telah menyediakan fasilitas BlackBerry Connect yang memungkinkan BlackBerry Internet Solution diakses melalui smartphone jenis lain seperti Nokia (N-9500, N-9300, N-9300i, E61), Sony Ericsson P910i, M600i, Palm Treo, Dopod, dan lainnya.

No comments:

Post a Comment