Jan 11, 2012

BlackBerry CDMA, Kenapa Tidak?



Siapa sih yang tidak tahu BlackBerry? Tapi mungkin tidak orang yang banyak tahu mengenai BlackBerry CDMA. Di Indonesia telah semakin banyak BB yang bekerja pada sistem CDMA. Ini berawal pada tahun 2009, dimana Smart Telecom mulai meluncurkan BlackBerry CDMA. Dan mulai disusul oleh provider yang lain seperti XL BlackBerry, Indosat BlackBerry dan Telkomsel BlackBerry. Sebelumnya mari kita mengenal lebih dekat apa arti dari “CDMA” dan apa saja sih keunggulan BlackBerry CDMA ini?

CDMA yang merupakan kependekan dari Code Division Multiple Access, adalah sebuah bentuk pemultipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan menggunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan (pengertian menurut Wikipedia). Dan menurut pengertian lainnya, CDMA merupakan suatu format transmisi radio yang digunakan di Amerika Utara, khususnya untuk komunikasi jaringan tanpa kabel atau melalui telepon selular yang melalui bandwidth Personal Communication System. Metoda CDMA ini membentuk beberapa channel secara logic melalui satu jalur komunikasi melalui pengkodean Walsh, yang merupakan sebuah pembangkit kode secara acak untuk transmisi suara. Pada pemrosesan kode Walsh ini, 64 channel yang berbeda secara logic ini, dapat disatukan dalam satu bandwith, yaitu dengan lebar 1,25 MHz.

Beberapa perbedaan yang mencolok antara CDMA dan GSM:

*Tarif

Untuk CDMA lebih murah untuk dalam kota dan promosi tertentu

Untuk GSM harga telepon lebih mahal dari CMDA. Namun tak jarang tesedia promosi khusus yang gratis

*Fasilitas

GSM mempunyai fasilitas 3G dan CDMA ECDO. Untuk kecepatan akses komunikasi data, voice, fasilitas EVDO lebih cepat dari 3G

*Kualitas Suara

Kualitas pada ponsel BlackBerry lebih jernih dibanding GSM

Semakin banyak BlackBerry CDMA yang bertebaran di Indonesia, bahkan Anda dapat mendapatkannya dari toko handphone online seperti situs resmi beberapa provider yang telah disebut diatas.

3 comments: